Kamis, 10 September 2015

Hati Hati Penyakit Jantung Rematik

Hati Hati Penyakit Jantung Rematik
Hati Hati Penyakit Jantung Rematik - Penyakit jantung rematik adalah sebuah kondisi dimana terjadi kerusakan permanen dari katup – katup jantung yang disebabkan oleh demam rematik.penyakit jantung rematik (PJR) merupakan komplikasi yang membahayakan dari demam rematik. Katup – katup jantung tersebut rusak karena proses perjalanan penyakit yang dimulai dengan infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus β hemoliticus tipe A (contoh:Streptococcus pygenes). Yang bisa menyebabkan demam rematik. kurang lebih 39 % pasien dengan demam rematik akut bisa terjadi kelainan pada jantung mulai dari insufisiensi katup, gagal jantung, perikarditis bahkan kematian. Dengan penyakit jantung rematik yang kronik, pada pasien bisa terjadi stenosis katup dengan derajat regurgitasi yang berbeda – beda, dilatasi atrium, aritmia dan disfungsi ventrikel. Penyakit jantung rematik masih terjadi penyebab stenosis katup mitral dan penggantian katup pda orang dewasa di Amerika serikat.
 
Demam rematik 
 
Demam rematik adalah peradangan penyakit yang terjadi setelah Streptococcus pyogenes infeksi, seperti faringitis streptokokus atau demam berdarah. Diyakini disebabkan oleh antibodi lintas-reaktivitas yang dapat melibatkan jantung, sendi, kulit dan otot, penyakit biasanya berkembang dua sampai tiga minggu setelah infeksi streptokokus. Demam rematik akut sering muncul pada anak – anak usia 6 -15, dengan hanya 20% dari pertama kali serangan yang terjadi pada orang dewasa.
2.2 EPIDEMIOLOGI DEMAM REUMATIK DAN JANTUNG REUMATIK
 
2.2.1 Epidemiologi jantung rematik
 
Demam rematik (demam reumatik) masih sering didapati pada anak di negara berkembang dan sering mengenai anak usia antara 5 – 15 tahun. Pada tahun 1944 diperkirakan diseluruh dunia terdapat 12 juta penderita demam reumatik dan penyakit jantung reumatik dan sekitar 3 juta mengalami gagal jantung dan memerlukan rawat inap berulang di rumah sakit. Prevalensinya dinegara sedang berkembang berkisar antara 7,9 sampai 12,6 per 1000 anak sekolah dan relatif stabil.
 
Data terakhir mengenai prevalensi demam rematik di Indonesia untuk tahun 1981 – 1990 didapati 0,3-0,8 diantara 1000 anak sekolah dan jauh lebih rendah dibanding negara berkembang lainnya 5,13. Statistik rumah sakit di negara sedang berkembang menunjukkan sekitar 10 – 35 persen dari penderita penyakit jantung yang masuk kerumah sakit adalah penderita demam reumatik dan penyakit jantung reumatik. Data yang berasal dari negara berkembang memperlihatkan mortalitas karena demam reumatik dan penyakit jantung reumatik masih merupakan problem dan kematian karena demam reumatik akut terdapat pada anak dan dewasa muda. Di negara maju insiden demam reumatik dan prevalensi penyakit jantung reumatik sudah jauh berkurang dan bahkan sudah tidak dijumpai lagi, tetapi akhir-akhir ini dilaporkan memperlihatkan peningkatan dibeberapa negara maju 13. Dilaporkan dibeberapa tempat di Amerika Serikat pada pertengahan dan akhir tahun 1980an telah terjadi peningkatan insidens demam reumatik, demikian juga pada populasi aborigin di Australia dan New Zealand dilaporkan peningkatan penyakit ini.

Tidak semua penderita infeksi saluran nafas yang disebabkan infeksi Streptokokus β hemolitik grup A menderita demam reumatik. Sekitar 3 persen dari penderita infeksi saluran nafas atas terhadap Streptokokus β hemolitik grup A di barak militer pada masa epidemi yang menderita demam reumatik dan hanya 0,4 persen didapati pada anak yang tidak diobati setelah epidemi infeksi Streptokokus β hemolitik grup A pada populasi masyarakat sipil. Dalam laporan WHO Expert consultation Geneva, 29 October–1 November 2001 yang diterbitkan tahun 2004 angka mortalitas untuk penyakit jantung reumatik 0,5 per 100.000 penduduk di negara maju hingga 8,2 per 100.000 penduduk dinegara berkembang dan didaerah Asia Tenggara diperkirakan 7,6 per Demam Rematik dan Penyakit Jantung Rematik Permasalahan Indonesia 100.000. Diperkirakan sekitar 2000 – 332.000 yang meninggal diseluruh dunia karena penyakit tersebut. Angka disabilitas pertahun (The disability-adjusted life years (DALYs)1 lost) akibat penyakit jantung reumatik diperkirakan sekitar 27,4 per 100.000 dinegara maju hingga 173,4 per 100.000 dinegara berkembang yang secara ekonomis sangat merugikan.
2.2.2 Epidemiologi Deman Rematik
 
Meskipun individu individu segala umur dapat diserang oleh Dr akut, tetapi DR ini banyak terdapat pada anak anak dan oaring usia ( 1-15 tahun) (Rosenthal,1968). Ada dua keadaan terpenting dari segi epidemiologic pada DR akut ini yaitu kemiskinan dan kepadatan penduduk. 
 
Tetapi pada saat wabah DR tahun 1980 di amerika pasien pasien anak yang terserang juga pada pada kelompok ekonomi  menengah dan atas. Setelah perang dunia ke dua dilaporkan bahwa di amerika dan eropa  insiden DR menuruna, tetapi DR masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Negara Negara berkembang.
 
Pada penelitian di bawah ini terlihat insiden DR dan PJR di eropa dan amerika menurun  sedangkan di Negara tropis dan sub tropis masih terlihat peningkatan yang agresip, seperti kegawatan karditis dan payah jantung yang meningkat. Majed melaporkan insiden DR di beberapa Negara ternyata insiden yang tinggi dari karditis adalah anak muda dan teerjadinya  kelainan katup jantung  adalah sebagai akibat kekurangan kemampuan untuk melakukan pencegahan sekunder DR dan PJR. Taranta A DAN Markowictz M, 1998 melaporkan bahwa DR adalah peneyebab utama terjadinya penyakit jantung untukn usia 5-30 tahun. DR dan PJR adalah penyebab utama kematian penyakit jantung untuk usia dibawah  45 tahun,  juga dilaporkan 25-40% penyakit jantung disebabkan oleh PJR untuk semua umur.
2.3 ETIOLOGI DEMAM REUMATIK DAN JANTUNG REUMATIK
 
Streptococcus Beta Hemolyticus Group A merupakan agen pencetus yang menyebabkan terjadinya demam reumatik akut,walaupun mekanisme patogenetik yang tetap tidak terjelaskan.tidak semua serotip Streptococcus Beta Hemolyticsus Group A  dapat menimbulkan demam reumatik.Bila beberapa strain (missal,M tipe 4) ada pada populasi yang amat rentan reumatik,tidak terjadi reumatik ulang.sebaliknya serotip lain yang lazim pada populasi yang sama menyebabkan angka serangan berulang 20-50% dari mereka yang dengan faringitis.konsep Reumatogenesitas lebih lanjut didukung oleh penelitian yang member kesan bahwa serotip-serotip Streptococcus Beta Hemolyticus Group A yang sering dihubungkan dengan infeksi kulit,biasanya serotip yang lebih tinggi,sering diisolasi dari saluran pernapasan atas tetapi jarang menyebabkan kumat demam reumatik pada individu yang sebelumnya dengan riwayat demam reumatik. selanjutnya, serotip tertentu  
 
Streptococcus Beta Hemolyticus Group A (Misal : M tipe 1,3,5,6,18,24) lebih sering diisolasi dari penderita dengan demam reumatik akut daripada serotip lain.namun,karena  serotip tidak diketahui pada saat diagnosis klinis faringitis streptokokus,klinis harus menganggap bahwa semua streptokokus group A mempunyai kemampuan menyebabkan demam Reumatik dan karenanya dari semua episode faringitis streptokokus harus diobati.

Link sumber : http://acemaxs31.com/obat-herbal-jantung-rematik/

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya,
    memberi manfaat sekali, sehingga meningkatkan kewaspadaan buat kami semua.

    BalasHapus