Kamis, 10 September 2015

Penyakit Payudara Wanita Mastitis

Penyakit Payudara Wanita Mastitis
Penyakit Payudara Wanita Mastitis - Mastitis merupakan kondisi jaringan di dalam buah dada ibu menyusui mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Inilah yang menyebabkan buah dada menjadi membengkak dan ibu mengalami rasa nyeri. Pada ibu yang mengalami mastitis, buah dada mengalami perubahan warna menjadi lebih merah dan suhu lebih tinggi dibandingkan pada kondisi normal.Bahkan ibu yang mengalami mastitis akan merasakan demam dan menggigil.

Penyakit mastitis dapat dialami oleh hampir semua ibu yang menyusui meskipun demikian biasanya penyakit ini menyerang salah satu buah dada. Kondisi yang dialami oleh ibu akan mudah merasakan lelah dan juga letih. Dampaknya anda akan menjadi sulit memberikan perawatan kepada bayi.
Ibu yang mengalami mastitis biasanya akan memberhentikan sementara pemberian ASI padahal hisapan bayi akan membantu untuk untuk membersihkan infeksi.Anda tidak perlu khawatir karena tidak akan berdampak kepada bayi. Sedangkan cara lain yang dapat anda lakukan dengan dengan memerah ASI menggunakan tangan dan juga pompa perah.

Meskipun beberapa ibu yang mengalami mastitis dapat pulih sendirinya akan tetapi apabila apabila penyakit semakin parah maka pengobatan harus segera dilakukan. Hal ini untuk membantu anda mengatasi komplikasi yang mungkin terjadi dari penyakit mastitis.
Penyebab Mastitis
Mastitis pada ibu yang menyusui dikarenakan ASI yang terjebak pada saluran susu sehingga ketika ASI terjebak akan mengalami iritasi jaringan disekitar yang memicu terjadi pembengkakan dan juga rasa sakit pada payudara.

Selain itu mastitis dapat disebabkan karena bakteri yag ada di dalam jaringan payudara. Bakteri yang dapat menyebabkan infeksi masuk ke dalam payudara melalui saluran susu ataupun ke sekitar puting yang mengalami pecah-pecah. Penyakit mastitis lebih banyak dialami oleh wanita menyusui akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi saat periode di luar menyusui.

Adapun faktor risiko mastitis diantanya adalah :
  1. Pernah mengalami mastitis sebelumnya atau wanita yang mengalami abrasi yaitu retak pada bagian puting.
  2. Pemberian ASI tidak teratur atau tidak menyusui bayi seusai melahirkan.
  3. Mengalami tekanan pada bagian payudara yang dipicu karena tidur dengan menenkan payudara, terlalu kuat ketika menyusui, bayi tidur di bagian payudara dan olahraga khususnya lari yang tidak menggunakan bra.
  4. Dapat pula disebabkan karena ASI yang menumpuk pada payudara sehingga puting seringkali digigit bayi, seringkali menggunakan empeng, posisi salah ketika ibu menyusui dan juga menyapih secara mendadak.
  5. Dapaut pula terjadi karena infeksi jamur pada payudara dan rentan terjadi gangguan defisiensi imun.
  6. Mengalami diabetes melitus, penggunaan obat-obatan jenis kortison dan juga memiliki kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi alkohol dan merokok.
Gejala Mastitis

Adapun gejala mastitis antara lain adalah seringkali demam, mengalami lemah dan juga lesu. Kemudian ibu menyusui mengalami mual dan muntah yang disertai dengan pegal-pegal seperti terserang flu. Bahkan kondisi yang paling terlihat adalah payudara yang mengalami pembengkakan nyeri dan berwarna merah.

Selanjutnya yang dapat dijadikan gejala adalah benjolan lunak ataupiun kerad pada payudara, puting mengeluarkan nanah dan juga kelenjar getah bening di ketiak mengalami pembengkakan. Apabila gejala tersebut terasa sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Post : Penyakit Payudara Wanita Mastitis
Link sumber : http://acemaxs31.com/obat-mastitis-herbal/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar